Jumat, 31 Mei 2013

BOMELA MEMBUTUHKAN PEMULIHAN BARU DI TAHUN 2013

Gambar : Foto Jarak Jauh dari Bomela Kampung, Tampak Ibu Kota Distrik Bomela.

BOMELA MEMBUTUHKAN PEMULIHAN BARU DI DALAM KRISTUS
Oleh : Panuel Maling
PENDAHULUAN
Salam Kasih Kristus!
Puji dan Syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkenanNya kita dapat berjumpa lembali melalui selembaran tulisan ini.
Seiring dengan adanya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang semakin cangkih membuat saya tergerak hati untuk menulis sebuah catatan melalui media ini tentang perkembangan pertumbuhan Iman dalam peradaban dunia perkembangan pada daerah asal saya Bomela dengan sebuah judul karya tulis "Bomela Membutuhkan Pemulihan Di Dalam Kristus". Judul ini terangkat dari sebuah renungan pribadi saya akan perkembangan daerah yang semakin merosot akibat perkembangan pengaruh dunia yang semakin terbuka yang masuk pada perubahan perilaku hidup pada masyarakat Bomela yang akhir-akhir ni sangat memprihatinkan kehidupan masyarakat yang sudah beralih dari kehidupan yang berazaskan Firman Tuhan ke kehidupan yang dulu sebelum Injil Kristus itu menyelimuti daerah Bomela sebagai salah satu dari daerah yang kehidupan jemaat berazaskan Firman Tuhan di zaman/tahun 1980-1999.
ERA PENGINJILAN
Sejak Tahun 1976 ketika Injil masuk ke daerah Bomela melalui penginjil-penginjil yang diutus dari daerah Passvalley untuk memberitakan kabar keselamatan itu di daerah Bomela, awalnya Masyarakat menerima injil dengan baik dan ada beberapa orang yang bertobat itu menjadi penatua, Diaken dan Juga gembala/pendeta. awalnya masyarakat membakar semua peralatan duniawi dan berbalik pada Kristus dengan adanya pengakuan yang satu dan semua orang yang dulunya saling bermusuhan menjadi satu dan tidak ada perbedaan antara yang satu dengan lainnya. kehidupan jemaat mula-mula mulai nampak diantara yang satu dengan lainnya. hal itu dapat dilihat dari terbangunnya ikatan kasih persaudaraan antara satu dengan lainnya yang sangat erat dan barang milik yang satu menjadi milik bersama. Pertumbuhan Iman pun semakin baik, pelayanan Rohani semakin baik, pelayanan kesehatan semakin berkembang, dan seluruh aspek pembangunan zaman itu berjalan sesuai dengan keinginan Alkitab dan perbedaan antara penginjil-penginjil luar, guru-guru, dan antara kampung yang satu dengan lainnya, antara marga yang satu dengan lainnya, antara keluarga yang satu dengan lainnya, antara pemimpin yang satu dengan lainnya, antara pemimpin dengan masyarakat saat itu tidak ada sama sekali. dan itulah kehidupan yang maju dan berkembang makmur di daerah Bomela yang sepantasnya dianjungi jempol.
ERA PERKEMBANGAN
Dari Tahun 1980-1999 orang-orang semakin maju di bidang pendidikan, kesehatan, perekonomian, pelayanan Firman Tuhan, tali persaudaraan berbasis budaya maupun Friman Tuhan semakin terlihat walaupun belum ada putra daerah yang selesai sekolah dan menjalankan roda pembangunan dari berbagai aspek pembangunan. sejak itu tenaga-tenaga pengajar, perawat, penyuluh, pnginjil, pendeta itu semua berasal dari luar daerah alias tidak ada orang asli Bomela yang bekerja orang berpendidikan. seiring dengan adanya perkembangan maka semakin hari tenaga-tenaga itu mulai pulang ke daerah asalnya dengan satu persatu sampai pada tahun 2000 tidak ada satu pun tenaga-tenaga itu ada di Bomela selain satu pendeta yang masih bertahan karena belum ada penggantinya sebagai Pendeta di daerah itu. Pendeta itu pun akhirnya memutuskan untuk pulang ke daerah asalnya pada tahun 2003 sejak itu saya sudah bisa membaca dan menulis serta mengikuti adanya perkembangan di daerah itu.

ERA PERADABAN
Sejak tahun 2003 terlihat pembangunan di daerah Bomela semakin meningkat karena adanya putra daerah yang berpendidikan turun lapangan untuk menjalankan roda pembangunan. semakin hari semakin berkembang sehingga perbedaan antara yang satu dengan lainnya mulai nampak akibat semua orang semakin jauh dari Tuhan di dalam praktek kehidupan yang disertai dengan pengaruh perkembangan. Perbedaan itu mulai kembali terjadi antara kampung yang satu dengan lainnya, keluarga yang satu dengan lainnya, marga yang satu dengan lainnya dan antara pemimpin yang satu dengan lainnya. Maka perpecahan persatuan terjadi dan dari tahun 2005 sampai tahun 2013 dikenal dengan nama "BOMELA KRISIS IMAN DAN TELAH KEHILANGAN PERSATUAN" antara yang satu dengan lainnya. Hal ini menjadi pertanyaan besar bagi publik untuk bagaimana supaya kehidupan zaman penginjilan itu bisa kembali pada zaman sekarang. Dengan demikian, sekarang perlu adanya Pemulihan total Iman kembali dibutuhkan di daerah Bomela. kapan Bomela harus dipulihkan oleh Kristus? saya pikir hal ini kembali pada setiap pribadi yang ingin maju bersama harus bersatu dan menerima kembali anugerah Allah di zaman dulu. seseorang harus mengenal Kristus dan menerima Kristus sebagai Juruselamat pribadi, maka Bomela dapat dipulihkan oleh perantaraan Kristus.
SOLUSI
Yang menjadi solusi menurut saya adalah sebagai berikut :
1. Menerima Yesus seutuhnya secara pribadi dengan pengakuan yang sungguh.
2. Bersatu hati, jiwa dan pikiran dalam kehidupan sehari-hari dari semua unsur yang ada di Bomela
3. kembali jayakan pelayanan Firman TUHAN
4. Bertobat dari hal buruk yang selama ini meliputi masyarakat luas.
5. membangun kembali jaringan komunikasi antara yang satu dengan lainnya.
6. Menyerahkan seluruh hidup kepada Tuhan dengan harapan pemulihan baru dari Kristus.
Akhir Kata.
Jangan saudara-saudara melupakan Doa kepada Tuhan tentang jaringan Doa yang rencananya akan dilakukan di Bomela pada Tahun 2013 ini, karena panitia sudah terbentuk untuk pelaksanaan jaringan Doa di Bomela guna mewujudkan keprihatian publik saat ini tentang persoalan Krisis Iman dan kehancuran persatuan di bomela.
SALAM PEMULIHAN.
Teleb!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HANCUR DIATAS KEMISKINAN (UKAM SENGSARA EPISODE KE-2)

Foto : Lokasi Tambang Emas di Mosomdua (Doc: Tim Penolakan, 25/8/2018) Memasuki era Revolusi Industri 4.0, negara-negara maju seper...