Selasa, 30 Oktober 2012

TAMBANG BATUBARA DI SAMBOKA

Perusahan Tambang batubara yang sedang di Eksplorasi di daerah Kabupaten Yahukimo yang tepatnya pada daerah Samboka ditinjau dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) telah mengorbankan masyarakat awam. hal itu dapat dilihat dari tidak adanya putra daerah yang sementara berkapasitas sebagai seorang Geologist untuk mempengaruhi masyarakat dalam pembagian persen (%) hasil tambang batubara setelah tahap Eksploitasi. dengan demikian, harap kepada masyarakat yang memiliki hak hulayat supaya ambil langkah cepat untuk membentuk lembaga LMA yang dapat membantu memediasi antara Investor dan Masyarakat dalam membahas pembagian persen (%) setelah memasuki tahap eksploitasi tambang batubara.

jika hal ini tidak dilakukan secepatnya maka langkah berikutnya adalah membuat satu komitmen/janji dengan pihak perusahan untuk kepentingan bersama masyarakat yang mempunyai hak hulayat. karena informasi yang saya dengar sekarang yang terjadi di samboka ini untuk kedepan akan menguntungkan perusahan karena belum ada SDM yang memadai, Lembaga LMA belum ada dan belum ada Pro-kontrak antara perusahan dan masyarakat setempat.

dengan demikian, harap pihak perusahan harus lebih mengerti dengan keadaan daerah tambang batubara yang belum ada 3 komponen utama diatas. supaya kedepan jangan lagi ada perselisihan antara masyarakat dengan pihak perusahan. dan jangan pernah mementingkan kepentingan sekelompok orang yang hanya mencari keuntungan sendiri sementara masyarakat lain terlantar..

By. PANUEL MALING
      (Geologist Junior)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HANCUR DIATAS KEMISKINAN (UKAM SENGSARA EPISODE KE-2)

Foto : Lokasi Tambang Emas di Mosomdua (Doc: Tim Penolakan, 25/8/2018) Memasuki era Revolusi Industri 4.0, negara-negara maju seper...